WISATA ACEH, WISATA ALAM

Wisata Taman Laut Pulau Rubiah Sabang

Wisata Pulau Rubiah Sabang – Pulau Rubiah adalah salah satu pulau destinasy yang terletak tepatnya di daerah Nangroe Aceh Darussalam. Pulau ini adalah tahap dari wilayah kota Sabang, tepatnya di sebelah barat-laut dari pulau Weh. Luas Pulau Rubiah kurang lebih 2600 hektar. Hanya dijaga sepasang suami-istri bernama Pak Yahya dan Bunda Ismar, dan mereka tinggal disitu. Di pulau ini hanya ada satu bungalow dengan dua kamar, yang disewakan untuk turis asing maupun lokal, tetapi saya lupa menanyakan harga sewanya.

Pulau yang seluas 2600 hektar ini memperkenalkan keindahan surga bawah laut dan wisata bahari yang sangat memukau. Bahkan pulau ini dijuluki sebagai surga taman laut. Faktor ini dikarenakan pulau ini layaknya suatu akuarium yang berisikan beberapa macam hiasan di dalamnya.

WISATA SABANG LAINNYA : Pantai Iboih Pulau Weh

Pulau ini sangat tepat bagi para wisatawan yang mempunyai kegemaran snorkeling, diving alias berkeliling dengan perahu kaca (glass bottom boat) sebab di pulau ini tersedia beberapa tipe terumbu karang yang sangat berwarna-warni dan beberapa macam bentuknya. Pastinya karang-karang yang membentuk suatu gugusan yang sangat hebat tersebut bakal sangat memanjakan mata para penggemar wisata bahari. Selain terumbu karang yang menghiasi taman laut ini, beberapa tipe ikan tropis semacam gigantic clams, angel fish, school of parrot fish, lion fish dan tidak sedikit lagi yang lainnya meningkatkan keeksotikan dari taman bawah laut di sini.

Wisata Pulau Rubiah Sabang

Untuk hingga kesabang, dari Kota Banda Aceh, tepatnya dari Terminal bus, aku dan 3 temanku menaiki taxi yang ada disana lumayan bayar Rp 50.000/ taxi, Anda akan diantar hingga pelabuhan Ulee-Lheue, tetapi kami ketinggalan kapal cepat jam 9.30 jadinya kami naik Kapal KMP BRR yang perjalanannya hampir 2 jam, ( dari jam 10.30 – 13.00 ) dan kami memilih duduk di VIP room dengan anggaran sebesar Rp 58.000, ruangannya adem sebab ada AC, jadi kami bisa mengistirahatkan tubuh dengan enjoy, yang ekonomi kurang lebih Rp 30.000 telah tergolong pajak.

  • Jadwal Kapal BRR senin, selasa, kamis, dan jum’at jam 14.00
  • Jadwal Kapal BRR rabu, sabtu dan minggu Jam 10.30 dan 16.30

Seusai hingga dipelabuhan Balohan Sabang, anda harus naik Taxi lagi menuju Iboih dengan anggaran Rp 50.000 per orang , seusai menempuh perjalanan tidak lebih lebih 45 menit , Dan ongkos perahu menyebrang ke Pulau Rubiah Sabang hanya berkisar Rp. 20.000 / orang dan itu sudah termasuk pulang pergi, dengan sistem antar jemput. Dijemputnya tergantung permintaan penumpang mau hingga jam berapa. Bisa juga dengan menyewa perahu kaca dengan harga sewa berkisar Rp. 350.000 untuk setengah hari saja, dan Rp. 750.000 untuk satu hari penuh yang berkapasitas untuk 10-15 orang saja.

Wisata Pulau Rubiah Sabang

Dermaga di Pantai Iboih. Tampak perahu-perahu yang bakal mengantar anda menuju ke Pulau Rubiah, dua dibelakang adalah kapal kaca yang memiliki kapasitas penumpang untuk 10-15 orang. Disini berlaku Hari Pantangan Melaut, dan itu wajib dipatuhi benar oleh siapa pun. Jadi apabila ingin beraktivitas di laut wajib rutin diingat hari pantangannya yaitu:

  • Hari Kamis mulai jam 19:00 hingga hari Jumat jam 14:00
  • Hari Raya Puasa (24 jam) jangan sempat ke Iboih pada bulan Ramadhan.
  • Hari Raya Haji (24 jam)
  • Kenduri Laot ( 3 x 24 jam)
  • Hari Kejadian Tsunami (jam 06:00 – 12:00) tgl 26 Desember
  • Hari Raya Kemerdekaan (jam 06 :00 – 12:00) tgl 17 Agustus

Aktivitas yang dilarang diperbuat oleh pengunjung di tempat ini adalah: meperbuat snorkeling, menyelam, dan memancing ikan, baik dari daratan di tepian pantai maupun dari atas dermaga. Sedangkan tapal batas bagia pelarangan aktivitas itu adalah: di batas segi Barat – Ujung Seu Gawan, dan di batas segi Timur – Batee Dua Gapang.

Bekas karantina haji itu saya temukan tanpa sengaja ketika berpindah tempat snorkeling ke belakang Pulau Rubiah, dan saya memutuskan berlangsung jalan kaki merambah hutan ketimbang naik perahu. Kalau saja tidak berlangsung jalan kaki, entah saya tidak tahu kalau ada tempat itu. So thanks God for that.

Yang saya salut dari Pulau Rubiah ini ya, dimana begitu tidak sedikit pengunjung tetapi pantai nya masih bersih, dan mereka taat dengan peraturan, untuk tidak mengambil karang, membuang sampah dsb, Patut dicontoh deh ketaatan pengunjung di Pulau Rubiah, oh ya, masuk kerubiah gratis ya, hanya saja anggaran untuk nyebrang dari Penginapan Yulia ke rubiah anda akan dikenakan anggaran Rp 150.000 pp/ per kapal muatan 8 orang. dan Sewa Life Jacket , Fin dan Kacamata kurang lebih Rp 40.000.

Di bawah permukaan laut saya bisa menonton serakan batu besar sisa keganasan Tsunami. Saat Tsunami, Sabang dan Pulau Rubiah hampir tidak terakibatnya sebab dikelilingi pulau-pulau kecil, hanya air laut sedikit naik dari biasanya. Sayang saya tidak mengangkat kamera tahan air jadi tidak bisa mengawetkan keindahan pemandangan bawah laut.

Pulau Rubiah sangat tenang dan sunyi, listips cuma ada dari jam 06:00 hingga 12:00. Konon Pulau ini dibangun oleh para dewa sebagai tempat persembunyian Rubiah dan anjingnya yang setia dari kekejaman suaminya. Para dewa juga menganugerahi tempat ini lengkap dengan taman laut menakjubkan dengan karang-karang indah dan ikan aneka warna.

Rubiah juga dibuatkan teluk di belakang pulau dengan pasir putih lembut untuk tempat mandi dan keramas. Agar suaminya tidak bisa ke pulau, para dewa meletakan hiu ganas dan bulu babi di kurang lebih pulau. Tapi hiu dan bulu babi telah tidak ada lagi, hanya tinggal ikan-ikan cantik, karang-karang yang indah, dan pasir putihnya saja yang tertinggal.

Biaya Snorkeling & Diving Di Sabang

Snorkeling serta diving adalah wisata favorit yang ditawarkan di sini, dengan hanya bayar sebesar Rp. 45ribu, kami dapat menyewa alat snorkeling lengkap. Sedangkan biaya diving, menurut info dari Agam Hijrah membutuhkan setidaknya Rp. 400ribu telah tergolong dengan instrukturnya. Terjangkau? Menurutku sih terjangkau. Tapi itu semua belum tergolong anggaran perahu ya, aku lupa berapa anggaran boat kalau anda mau snorkeling, tapi seingatku, aku ambil paket yang snorkeling serta keliling Rubiah Island yang seharga Rp. 200ribu, sehingga kalo Cuma snorkeling tidaklah hingga angka Rp. 200ribu. Anggaran sewa boat ini dapat dibayar dengan cara patungan kalau anda berangkat beramai-ramai, sehingga masih terhitung terjangkau kalau ditotal semuanya.

Biaya Sewa Kamera Pulau Sabang

Belum afdol apabila ber-snorkeling serta diving tanpa jepretan kamera. Fitur topografi di Pulau Rubiah ini wajib diabadikan setidak sedikit entah . Hiasan dinding karang, gorgonia (karang kipas), leaf coral(karang daun) serta bangkai mobil bakal sehingga background hebat untuk bergambar. Anggaran sewa kamera underwater Rp 150.000 ditambah Rp. 100.000 apabila memakai jasa juru gambar.

Lokasi Penginapan di Pulau Rubiah Sabang

Lokasi penginapan di pulau rubiah sabang

Lokasi Pulau Rubiah Sabang

  • Desa Iboih, Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam. Peta), Tempat Wisata di Sabang, Hotel di Sabang

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X

Pin It on Pinterest

X
Share This